Kisah Viral Mahasiswa AS Kaget Murahnya Rumah Sakit di Taiwan

Seorang pria bernama Kevin Bozeat asal Amerika Serikat (AS) viral di Facebook karena cerita pengalamannya jatuh sakit saat bepergian ke Taiwan. Kevin kaget karena pelayanan rumah sakit ternama di Taiwan ternyata menurutnya cukup murah.

“Beberapa hari yang lalu perut saya sakit. Berpikir akan sembuh sendiri, saya memutuskan untuk pulang istirahat. Tapi tidak lama kemudian saya muntah… Sepanjang malam saya muntah tidak berhenti setiap 30-40 menit,” tulis Kevin di Facebooknya pada 17 Februari lalu.

Karena kondisinya tidak cukup membaik akhirnya Kevin dibantu seorang teman memutuskan untuk pergi ke Instalasi Gawat Darurat RS National Taiwan University. Kala itu sebagai warga negara asing Kevin khawatir harus bayar mahal karena pelayanannya tentu tidak dijamin oleh penyelenggara jaminan kesehatan di sana.

Setelah menjalani tes darah dan USG, dokter kemudian mendiagnosa Kevin dengan kondisi gastroenteritis akut. Ia diberi obat antimuntah dan nyeri lalu diperbolehkan pulang. Ia dikenai biaya 80 dolar Amerika atau setara sekitar Rp 1,1 juta. 

“Berapa tagihan IGD-nya? US$ 80. Delapan. Puluh. Dolar Amerika,” tulis Kevin.

“Semua dari saku. Biaya penuh. Tanpa diskon. Tanpa asuransi. Di salah satu rumah sakit terbaik di Taiwan,” lanjutnya.

Warganet ramai menanggapi unggahan Kevin turut menceritakan pengalaman mereka menjalani perawatan rumah sakit di berbagai penjuru dunia. Ada warganet yang cerita pengalaman lebih murah, tapi banyak juga yang mahal.

“Sementara itu saya 10 menit naik ambulans harus membayar 2.000 dolar (Rp 28 juta)… Saya kesal rasanya,” kata seorang warganet.

Unggahan Kevin kini sudah dibagikan lebih dari 218 ribu kali dan ceritanya mendapat reaksi dari akun Twitter resmi Kementerian Luar Negeri Taiwan.

“Kami senang membaca pengalaman Kevin Bozeat di RS National Taiwan University. Program Asuransi Kesehatan Nasional Taiwan adalah KEBERHASILAN BESAR dan bisa dibagikan pada dunia,” tulis MOFA_Taiwan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *